Posted in RANDOM

30 Menit Memutar Otak

setelah sekian lama tidak menggunakan otak dengan benar, inilah ganjaran dari Yang Maha Kuasa…

setelah melewati tahap seleksi administrasi, aku dinyatakan lolos ke tahap intelegenci test (psikotest) sebuah perusahaan negara. jadi, tadi siang aku pergi ke JEC untuk mengikuti rangkaian seleksi tertulis itu.

ternyata peserta yang lolos ada banyak banget. secara perusahaan ini emang diincer oleh banyak jobseeker. aku aja urutan 2000-something gitu. padahal nama lain masih banyak banget di bawahku.

aku sendiri terdaftar di seleksi batch 3, dimana itu seleksinya jam 1 siang. yang pertama dimulai jam 8, trus yg kedua jam 10.

wah berarti per-batch seleksinya sampe 2 jam!

pikirku waktu pertama kali setelah baca pengumuman itu.

jam 12 kurang dikit aku udah sampe di JEC. aku langsung registrasi ulang di line-7, sesuai dengan instruksi di papan yang dipajang di depan lobi gedung.

disana aku ketemu puput, sekar, maryon, sama mbak ewit. habis tu ketemu lagi sama anin, rahmah, iron. trus bentaran ketemu mbak suci, sama mas pandu (mereka enggak barengan kok). disitu aku tersadar, ternyata anak-anak pada ngesiapin bener-bener buat intelegenci test ini. anin sama iron bahkan sampe download contoh-contoh soal psikotes & kemampuan dasar buat dipelajarin di rumah (well, maksudnya dikosan sih). iron bahkan sampe tanya-tanya cara mainin logika soal & rumus ngerjain logika matematika dasar. sepertinya mereka memiliki modal yang cukup besar untuk tahapan tes kali ini.

sementara aku, dateng cuman bermodalkan doa orang tua.

kita ngobrol-ngobrol-ngobrol. sampe akhirnya jam menunjukan pukul 1 kurang 15 menit. biar enggak telat, dan enggak bikin molor acara, kita mutusin buat gabung sama keramaian di depan pintu lobi. enggak lama kemudian, peserta seleksi diperbolehkan masuk dan duduk di kursi sesuai dengan nomor yang ditulis di papan depan lobi. nomor mejaku 400-sekian.

ternyata, aku duduk enggak jauh sama kesayangan-kesayangan akoh. taruhlah begini, di keypad angka di ponsel jaman bahuela, aku duduk di angka 8. di angka 6 ada zaula, di angka 2 ada sekar.

time flies away.

akhirnya peserta diperbolehkan menjawab soal.

ada 4 section di tes kali ini. section 1-3 durasinya masing-masing 7 menit, sedangkan section terakhir 9 menit. ada soal yang tentang persamaan-persamaan, logika gambar berputar, matematika dasar, dan rangkaian cerita bergambar.

totalnya cuma 30 menit men buat tes kali ini. tapiiiiiii, beuh! ucing ala herbie~
rasanya kayak Tuhan ngasih teguran setelah sekian lama otak dibiarin enggak dipake dgn maksimal. ya walopun agak-agak kurang sesendok gini, tapi gegara tes tadi, jadi mikir, hasil tesku dulu tuh valid enggak sih? kok kayaknya tadi aku ngerjainnya kek kelamaan. hahaha

puji Tuhan. baru banget liat hasil pengumuman.
besok siang seleksi tahap selanjutnya :”)

Author:

I’m author of “Senja di Ujung Lensa” dalam Antologi Cerpen dan Foto 'Menyebrang Pada Sebuah Jendela'. diterbitkan oleh @indiebookcorner. Antologi cerpen kedua saya berjudul 'Cinta Terpendam', karya saya yang dimuat di sana berjudul “Hujan di Antara Kita“, diterbitkan oleh @mozaikindie. Cari SHARONCITARA di sejumlah sosial media untuk dapat terus berkomunikasi dengan saya. may GOD bless you and be the light! happy reading, Sharoncitara.

One thought on “30 Menit Memutar Otak

Leave a Reply

