Posted in FOOD

Susu yang Baik Untuk Memasak Carbonara.

“No one is born a great cook, one learns by doing.”
Julia Child, My Life in France.

Hai, foodies!
Hai, teman-teman pembaca!

Sepertinya sudah lama sekali tidak mengisi kolom FOOD, jadi hari ini saya memutuskan untuk membagi sedikit informasi tentang jenis susu yang digunakan untuk memasak carbonara.

Pernahkah teman-teman memesan sebuah menu di resto lalu jatuh cinta dengan rasanya?
Dengan tekad yang begitu kuat, bertekad untuk menduplikasi menunya setelah menemukan resep yang pas dengan sajian yang dimaksud.
Tapi setelah mencoba memasaknya, justru rasanya sangat berbeda dari yang pernah dirasakan meski sudah mengikuti langkah demi langkahnya dengan benar.

Lalu dimana salahnya?
Mungkin pemilihan bahannya!

 

Tahukah kamu kalau ada banyak sekali jenis susu sapi kemasan yang dijual di sekitar kita?

Jenis-jenis susu.

Susu murni (fresh milk), susu kental manis, dan susu UHT pasti sudah tidak asing di telinga kita. Tapi tahukah kamu kalau ada lebih banyak lagi jenis susu yang dijual di pasar?

Mungkin kamu pernah mendengarnya tapi tidak benar-benar memperhatikan. Jadi akan saya coba jelaskan dahulu jenis-jenis susu kemasan:

  • Susu flavored (berasa)

Seperti namanya, susu ini secara umum memiliki rasa tambahan. Biasanya rasa yang ditambahkan adalah buah-buahan, coklat, mocca, sayur-mayur, dan rasa lain.

  • Susu rendah lemak/low fat

Susu ini cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet namun tetap ingin menjaga kesehatan tulang karena rendahnya kandungan lemak pada susu.
Banyak dijumpai pada merek Firsian Flag, Ultra Milk, atau Greenfields.

  • Susu Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Juga cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet dan sedang membentuk atau merampingkan tubuh. Kandungan asam yang tinggi pada susu membantu pembakaran lemak pada tubuh.
Susu dengan merek WRP adalah salah satu contohnya.

  • Susu skim

Kandungan lemak pada susu adalah kurang dari 1%, sehingga susu skim sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet ketat dan tidak ingin mengonsumsi susu yang mengandung lemak.
Susu Tropicana Slim dan Indomilk menyediakan susu skim dalam kemasan karton.

  • Susu segar (fresh milk)

Seperti namanya, susu ini adalah susu sapi segar yang langsung diolah untuk menjaga kesegarannya. Biasanya susu ini berbentuk cair dan tidak dapat bertahan lama–terutama setelah dibuka dari kemasannya.

  • Susu pasteur

Merupakan susu sapi segar yang telah mengalami prses pasteurisasi (pemanasan pada suhu 65-80 C selama 15 menit). Rasanya lebih ringan dari susu segar biasa.
Bear Brand adalah salah satu contoh susu pasteur.

  • Susu UHT

Sama seperti pasteur, susu ini mengalami proses pemanasan, bedanya suhu yang digunakan adalah 140 C dan durasi pemanasan hanya 2 detik saja. UHT adalah Ultra High Temperature, teknik ini dipopulerkan oleh susu Ultra Milk milik PT Ultra Jaya.
Susu UHT memiliki banyak varian rasa, ada full cream dan buah-buahan.

  • Susu kental manis (condensed milk)

Seperti namanya, susu ini telah mengalami proses penghilangan kandungan air sehingga teksturnya kental dan penambahan gula. Untuk membuat susu ini perlu ditambahkan air sesuai kebutuhan dan rasa yang dihasilkan sangat manis. Tersedia dalam kemasan kaleng, pouch, dan tube.
Merek yang terkenal adalah Firsian Flag dan Cap Nona (Nestle)

  • Susu evaporated

Teksturnya seperti susu kental manis, namun rasanya lebih tawar. Susu telah mengalami proses evaporasi atau penghilangan uap air.
Merek yang terkenal adalah Carnation.

  • Susu full cream

Merupakan jenis susu yang cukup familiar. Susu ini mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, serta memiliki Vitamin A dan D di dalamnya. Pada susu anak-anak, dijumpai bebrapa tambahan kandungan gizi lainnya. Kandungan lemaknya cukup tinggi, yaitu 4%. Biasanya digunakan sebagai tambahan adonan kue atau masakan lainnya.
Ultra Milk (pada kemasan UHT) dan Dancow (kemasan karton–susu bubuk) adalah salah dua merek yang memiliki varian ini.

  • Susu calcium enriched

Hampir sama seperti susu full cream, namun kandungan kalsiumnya lebih tinggi dan lebih rendah lemak, sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Biasanya dijumpai pada susu anak (Dancow, Bonneto, Bebelac, dll)

dreamstime_s_36450360

Jenis susu yang cocok untuk memasak carbonara

Setelah membaca penjelasan singkat di atas, jangan sampai bingung untuk memilih dan menentukan susu yang tepat untuk memasak carbonara.

Carbonara adalah salah satu cara memasak pasta. Rasa dari masakan ini adalah gurih dengan tekstur creamy. Jadi, langkah pertama adalah mengeleminasi susu-susu yang memiliki rasa non-gurih.

Ada 2 jenis susu yang tersisa, yaitu full cream dan enriched.

Berdasarkan pengalaman pribadi, keduanya cocok untuk digunakan sebagai salah satu bahan memasak carbonara. Baik susu cair dalam kemasan UHT maupun bubuk, keduanya tidak masalah ketika digunakan.

Saran saya, jangan sekali-kali menggunakan susu kental manis dan/atau susu murni.
Susu kental manis memiliki rasa manis yang terlalu berlebih, sehingga tidak cocok dengan rasa akhir yang diekspektasikan. Sementara penggunaan susu cair juga kurang pas karena rasanya yang cenderung tawar dan hasil creamy yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Jadi, sudah tahu, ‘kan, jenis susu yang pas untuk carbonara? Semoga setelah membaca artkel ini teman-teman bisa membuat carbonara dengan rasa yang otentik dan berhasil menduplikasi resep yang ada di resto itali :p hihihi~

SELAMAT MENCOBA!!

PS: I ain’t advance in cooking, but I cook sometime (for daily need only). So, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon dikoreksi, ya! Terimakasih.

Akhir kata, teman-teman bisa memberi support dengan follow blog ini, like, share, dan comment. Karena dengan memberi support, pasti akan membakar semangat siapapun untuk lebih baik dan terus lebih baik dalam berkarya.

May GOD bless youuuu!

Sharoncitara.

Referensi artikel:
https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_kental_manis
http://www.jitunews.com/read/23402/mengenal-10-jenis-susu-sapi-kemasan-yang-dapat-dikonsumsi

Advertisements

Author:

I’m author of “Senja di Ujung Lensa” dalam Antologi Cerpen dan Foto 'Menyebrang Pada Sebuah Jendela'. diterbitkan oleh @indiebookcorner. Antologi cerpen kedua saya berjudul 'Cinta Terpendam', karya saya yang dimuat di sana berjudul “Hujan di Antara Kita“, diterbitkan oleh @mozaikindie. Cari SHARONCITARA di sejumlah sosial media untuk dapat terus berkomunikasi dengan saya. may GOD bless you and be the light! happy reading, Sharoncitara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s